Ketika wanita dihadapkan pada pilihan  calon suami yang bisa membawa kebahagiaan dalam rumah tangga kelak, tentu saja wanita ingin mencari  lelaki yang  memenuhi ciri-ciri yang diidamkan, pria idaman dalam lagunya Mba Rita Sugiarto. Memang sulit menari pria idaman yang "sempurna". Namun paling tidak kita bisa memilih kriteria-kriteria calon suami yang layak dihindari jika ingin hidup bahagia setelah mengarungi bahtera rumah tangga. Pastikan anda jangan salah pilih!

Selesai  akad nikah, maka dimulailah tanggungjawab  seorang suami kepada istrinya. Anda pun turut bertanggung jawab terhadap kelanggengan rumah tangga. Nah jika ingin rumah tangga yang langgeng tentunya jangan salah memilih lelaki calon suami. Jika kelak tidak mau menyulitkan kehidupan rumah tangga, pastikan anda jauhi 9 ciri-ciri bakal suami berikut ini.


1. Lelaki Yang Tidak Beriman


Bagaimana mengukur kadar keimanan seorang lelaki memang sulit. Namun paling tidak kita bisa ketahui bagaimana sholatnya, bagaimana bacaan qur'annya, bagaimana latar belakang agama keluarganya. Seorang laki-laki wajib memiliki kadar keimanan yang kuat, karena dialah yang menjadi imam dalam keluarga.

2. Lelaki Yang Tidak Serius


Dalam menjalin  hubungan asmara pasti setiap wanita tentu ingin mengakhirinya dengan sebuah ikatan yang halal. Jika pasangan Anda sering menghindari pertanyaan anda untuk mengakhiri hubungan  ke satu ikatan yang sah padahal anda berdua sudah lama berhubungan, sebaiknya anda kembali berfikir ulang untuk terus melanjutkan hubungan. Jelas dia lelaki yang tidak memiliki komitmen yang  serius dan hanya ingin mempermainkan cinta anda.


3. Lelaki Yang Pemalas


Sebaiknya hindarkan diri dari type lelaki macam ini. Yang tidak becus mengurus dirinya sendiri, seperti mencukur rambut dengan rapi, tidak berpakaian rapi, badan berbau, memiliki kendaraan yang kotor  dan sebagainya. Dikuatirkan setelah kawin nanti semua tanggung jawab pekerjaan rumah dan keperluan yang seharusnya bisa dilakukan diri sendiri diserahkan kepada Anda. Bisa jadi dia menganggap segalanya merupakan tanggung jawab seorang Ibu rumah tangga.


4. Lelaki Ringan Tangan


Ada sebagian wanita yang masih berhubungan dengan teman lelakinya yang ringan tangan hanya karena gara-gara cinta mati. Ingatlah wahai wanita, jika sebelum kawin pun  sudah berani memukul anda, bagaimana pula setelah berrumah tangga nanti?  Lelaki yang ringan tangan tidak layak untuk dijadikan pendamping hidup, karena sejatinya lelaki adalah pelindung bagi wanita. Jangan sampai Anda menjadi pelanggan rumah sakit gara-gara sering dipukuli suami.


5. Lelaki Yang Tak Mau Mengalah


Lelaki seperti ini hanya menganggap dirinya saja yang benar. Baginya pandangan dan ide orang lain semuanya salah. Sebenarnya dalam menjalin hubungan haruslah ada tenggang rasa antara suami istri  agar hubungan yang dibina berjalan dengan lancar. Tentu kita sebagai wanita tidak tahan jika dalam berpendapat atau berujar selalu dianggap salah oleh suami.


6. Lelaki Yang Suka Membangga Diri


Hindari lelaki yang suka membanggakan diri dan tinggi omongan ketika dia ngobrol dengan Anda atau teman-temannya. Terlebih jika dia seorang yang kaya, kedudukan yang tinggi dalam masyarakat dan pekerjaan. Kelak suatu hari bukan tidak mungkin pembicaraannya membuat kuping sang istri panas, karena pembicaraan suami yang kelewat tinggi dan bukan tidak mungkin dia akan merendahkan kita.

7. Lelaki Yang Pelit


Tipe lelaki seperti ini patut diwaspadai nih. Biasanya sih kalau sedang ngedate atau jalan bareng, suka minta dibayarin jajanannya.  Untuk menjadi seorang suami tidak boleh pelit bin meidt. Ini karena apabila sudah berkawin nanti menjadi tanggungjawab suami sebagai kepala keluarga untuk menyediakan nafkah secukupnya kepada isteri dan anak-anaknya.

8. Lelaki Posesif


Lelaki yang  pencemburu apa saja yang anda hendak lakukan, haruslah memberitahunya dan mendapat izinannya terlebih dahulu. Diri anda dianggap miliknya. Dia akan terus-menerus menghubungi anda setiap waktu untuk mengetahui anda berada di mana dan dengan siapa anda ketika itu. Kalau begini calon suamimu, segeralah menyelamatkan diri.


9. Lelaki Yang Penakut


Hal yang seperti ini juga jangan dipandang ringan. Lelaki yang penakut dan tidak berani untuk mempertahankan anda, buat apa ingin anda jadikan calon suami. Sebagai calon suami, laki-laki haruslah pemberani karena dia akan menjadi pelindung  isteri dan anak-anaknya nanti jika terjadi suatu masalah kelak.


Itu tadi 9 ciri atau karakter laki-laki yang tidak layak dijadikan seorang suami. Mungkin 1 atau 2 sifat tersebut ada pada diri pasangan anda sekarang... nggak bisa ngebayangin deh kalo ada sampai 4-5 sifat tersebut dalam diri pasangan kamu.